RSS

Mencari Arti Kelulusan UN

16 May

Jam sudah menunjukkan jam 10 malam, ketika tiba-tiba hape sony ericsson w995 ku berdering pertanda sms masuk. Tampak di layar pengirimnya salah satu siswaku mengirim pesan. Kubaca isinya, “Bgm Pak, kami lulus 100 persen, kan?

kejadian itu bukan yang satu-satunya. Sebelum dan dan sesudah itu aku tak lagi mampu mengingat berapa pesan dan panggilan yang menanyakan hal yang sama.

Dari awal aku memang boleh dibilang salah satu guru yang paling tidak respek dengan hasil UN 2011 ini, dan mungkin dengan hasil tahun-tahun sebelumnya.

Mau tahu sebabnya? Ok, lah. Sedikit dibongkar uneg-unegku.

Sebetulnya semua orang sudah mengetahui bahwa ujian nasional dari SD – SLTA yang diselenggarakan hanya bohong-bohongan. Padahal tidak sedikit uang rakyat dihabiskan.

Kalau yang mengatakan bukan guru seperti saya mungkin sebagian orang masih menyangsikan. Tetapi saya mengalali langsung. jadi bukan kata orang tentang berbagai ketidakberesan ujian nasional.

Sebagai guru saya merasa dihiananti karena jeri payah kami selama 3 tahun dinafikan begitu saja.

Apakah saya diam saja: tidak. Tahun 2010 lalu saya bertugas sebagai pengawa ujian nasional di salah satu sma unggulan di daerah saya (kabupaten Mukomuko, Bengkulu). Sebagai pengawas ruang ujian tugas saya adalah menuliskan segala kejadian yang terjadi di ruangan. Tetapi apa yang saya alami sungguh di luar dugaan. Penitia sempat meneliti berkas berita acara dan selanjutnya memanggil saya. Di depan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan polisis ketika itu saya diminta mengubah berita acara.

Lalu tahun ini bagaimana…?

Rasanya ketidak-respekan saya terhadap hasil UN adalah bagian dari jawabannya. Jadi saya minta maaf kepada siswa-siswi saya yang sering kecewa tiap kali bertannya tentang UN kepada saya, saya hanya menanggapi dengan dingin…

Bahkan sesaat setelah UN pada mata pelajaran kimia (yang saya ajarpun) saya tidak bertanya kepada mereka, “Bagaimana, bisa jawab, nggak? misalnya.

Lalu apa arti semua pesta kelulusan itu…? Prihatin….

 
Leave a comment

Posted by on 16 May 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

 
